Mengenal Sekolah, Membangun Karakter Hebat: Rangkaian MPLS 15–19 Juli 2025 di SMP Negeri 4 Nubatukan


Mengenal Sekolah, Membangun Karakter Hebat: Rangkaian MPLS 15–19 Juli 2025 
di SMP Negeri 4 Nubatukan


Nubatukan, 19 Juli 2025 — Lima hari yang penuh makna dan pengalaman berharga dilalui oleh peserta didik baru SMP Negeri 4 Nubatukan dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Ramah 2025. Mengangkat tema “Mengenal Sekolah, Membangun Karakter Hebat”, kegiatan yang digelar dari 15 hingga 19 Juli 2025 ini berhasil menjadi jembatan pertama yang tidak hanya memperkenalkan lingkungan sekolah, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter dan etika hidup.

Dari pagi pertama hingga penutupan, kegiatan MPLS berjalan harmonis dengan dukungan penuh dari kepala sekolah, para guru, tim OSIS, serta seluruh warga sekolah. Berikut adalah kilas balik kegiatan utama yang membingkai kesuksesan MPLS tahun ini:

1. Pertemuan Pagi Ceria: Membuka Hari dengan Semangat
Setiap pagi selama lima hari, kegiatan dibuka dengan Pertemuan Pagi Ceria. Dipandu oleh para guru dan Tim OSIS, para peserta disambut dengan senam Anak Indonesia Hebat, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan berdoa bersama.Pemeriksaan atribut siswa dilakukan untuk menumbuhkan kedisiplinan sejak awal. Teriakan yel-yel dari tiap kelompok dan lantunan jingle MPLS Ramah membuat suasana pagi menjadi hidup dan penuh energi. Kegiatan ini menjadi fondasi emosional siswa untuk mengikuti setiap agenda hari itu dengan sukacita.

2. Wawasan Wiyata Mandala: Menyerap Jati Diri Sekolah
Di hari pertama, para siswa berkesempatan mendengarkan langsung pemaparan dari Kepala Sekolah, didampingi  para guru. Sesi ini membahas visi, misi, program, dan budaya sekolah. Lewat kuis dan ice breaking yang dipandu oleh guru dan tim OSIS, siswa baru diajak memahami bahwa sekolah bukan hanya tempat belajar, tetapi tempat pembentukan karakter, potensi, dan kerja sama.


3. Aku dan Sekolahku: Menjelajahi Setiap Sudut Ruang Belajar
Kegiatan “Aku dan Sekolahku” menjadi petualangan edukatif yang seru. Dipandu oleh Koordinator Seksi MPLS dan seluruh guru, siswa dibagi dalam kelompok untuk menjelajahi 15 pos di lingkungan sekolah.
Melalui teka-teki silang dan aktivitas kelompok, siswa mengenal ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, ruang guru, UKS, dan fasilitas penting lainnya. Penilaian dilakukan melalui kreativitas yel-yel di setiap pos. Kegiatan ini memperkuat orientasi fisik sekaligus keterampilan sosial siswa.


4. Aku dan Sekitarku: Belajar dari Lingkungan Sekitar
Dalam sesi ini,  siswa dipandu untuk mengidentifikasi kondisi dan potensi lingkungan sekitar sekolah. Siswa diminta membuat peta perjalanan dari rumah ke sekolah, sambil mencatat fasilitas umum yang dilewati, seperti jalan, tempat ibadah, dan pasar.Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kesadaran ruang, pentingnya keamanan perjalanan, serta tanggung jawab terhadap kebersihan dan ketertiban lingkungan sekitar.


5. Aku Anak Indonesia Hebat: Karakter Kuat, Semangat Hebat
Salah satu sesi paling berkesan datang dari materi “Aku Anak Indonesia Hebat, Karakterku Kuat.” Bersama para guru spenfour, siswa diajak memahami Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat melalui lagu, simulasi, dan catatan harian karakter.


Para siswa baru tak hanya menyimak tetapi juga harus mampu mengekspresikan nilai seperti jujur, mandiri, bertanggung jawab, dan sopan santun secara aktif dan menyenangkan.



6. Penggunaan Internet dan Media Sosial Sehat: Cerdas di Dunia Digital
Pada sesi ini, Tim BP/BK menghadirkan materi seputar penggunaan gawai dan media sosial secara sehat. Siswa distimulasi dengan menyaksikan video edukatif, dilanjutkan dengan pembuatan takarir atau dialog positif.


Siswa juga diberi informasi mengenai bahaya konten negatif, pentingnya screentime, dan bagaimana membangun reputasi digital yang baik. Kegiatan ini relevan dengan tantangan zaman dan membentuk keadaban digital sejak dini.

7. Penutup: Menyemai Harapan di Akhir Perjalanan
Di hari terakhir, kegiatan MPLS ditutup secara hangat  Koordinator Seksi MPLS. Para siswa baru diberi tugas menggambar denah sekolah sebagai refleksi atas pemahaman mereka selama lima hari.
Momen evaluasi, apresiasi, dan penyampaian pesan dari panitia menjadi penanda berakhirnya MPLS Ramah 2025. Suasana penuh haru dan semangat memenuhi aula bidara sekolah. Para peserta menyadari bahwa mereka kini resmi menjadi bagian dari keluarga besar SMP Negeri 4 Nubatukan.

Menjadi Hebat Sejak Hari Pertama
MPLS Ramah 2025 telah menjadi pengalaman awal yang mendalam bagi para siswa baru. Tak hanya mengenal bangunan sekolah, mereka telah belajar mengenal diri, lingkungan, nilai, dan cara hidup yang bertanggung jawab.Melalui tujuh kegiatan inti yang disusun penuh perhatian, SMP Negeri 4 Nubatukan menunjukkan komitmennya untuk melahirkan generasi muda yang bukan hanya cerdas, tetapi juga berkarakter hebat.Sebagai bagian akhir dari seluruh rangkaian MPLS,  para guru juga melaksanakan asesmen diagnostik untuk mengukur kemampuan dasar siswa baru, khususnya dalam literasi membaca dan numerasi.


Kegiatan ini dipandu oleh Seksi Penilaian Diagnostik dan Pemetaan Kelas, bertujuan membantu guru memahami profil belajar siswa sejak awal, sehingga strategi pembelajaran ke depan dapat dirancang lebih tepat dan efektif.





0 Komentar